Resep Masakan Tuna Saus Asam Super Lezat

Masakan Ikan Tuna Saus Asam - Ikan Tuna atau Tuna adalah ikan laut pelagik tinggi akan kadar protei yang dikenal sebagai sumber protein utama. Kandungan omega - 3 pada ikan tuna juga memiliki seribu manfaat untuk kesehatan tubuh. Tentu saja hal tersebut juga harus di dukung dengan pemilihan, pengolahan, dan penyimpanan tuna yang baik. Ikan laut tuna yang terdiri dari beberapa spesies famili scombriadae ini tidak seperti kebanyakan ikan pada umumnya, pada daging ikan tuna berwarna merah muda dan juga merah tua. Selain dari hal tersebut, kadar protein pada ikan tuna yang telah saya informasikan sebelumnya, hampir dua kali lipat kadar protein dai pada telur yang biasa di kenal sebagai sumber protein. Oleh karena itu selain dari rasa yang lezat, kaya akan gizi, pada ikan tuna ini memiliki nilat yang cukup tinggi di pasaran. Namun di bandingkan dengan khasiat yang di berikan, pastinya bunda juga tidak menyesal untuk mengolah dan menjadikannya menu sajian masakan untuk di santap bersama keluarga terkasih bunda.

Masakan Ikan Tuna Saus Asam
Bunda dengan bahan utama  ikan tuna yang penuh akan nutrisi ini, kita akan membahas tentang masakan ikan tuna saus asam yang siap bikin kita ngiler walaupun cuman dalam pembahasan ! Masak ikan tuna saus asam ini tentunya hal yang paling menonjol adalah penggorengan ikan tuna dan juga pembuatan saus asamnya. Saus Asam Manis pasti bunda sudah sering mendengar, saus asam manis adalah saus yang merupakan salah satu masakan yang berasal dari Tionghoa yang di buat dari air, cuka, saus tomat, gula, garam dan juga tepung nya yang di jadikan pengental saus. Nah, di Indonesia sendiri, saus asam manis sering di buat dengan tambahan bawang putih dan sambal botl sebagai pelengkapnya. Sebenarnya banyak jenis saus asam manis yang di buat sesuai selera, jadi dalam masakan tuna saus asam ini, kita coba memb
uat saus seseuai dengan resep yang sudah tersedia. Kalo begitu, kita mulai saja simak informasi resep dari masakan ikan tuna saus asam super lezat ini.

Resep Tuna Saus Asam 
Sediakan Bahan : 
  • 300 gram fillet ikan tuna yang sudah di potong balok panjang 
  • 150 gram dari nanas matang yang sudah di potong dadu 
  • 50 gram kacang polong 
  • 50 gram wortel yang sudah di potong panjang ( korek api) 
  • 50 gram tepung maizena 
  • 50 gram bawang bombay potong panjang (korek api) 
  • 3 sihung bawang putih yang sudah di cincang kasar 
  • 1 buah cabai merah yang di potong panjang (korek api) 
  • 3 sendok makan minyak goreng untuk menumis 
  • 3 sendok makan saus tomat 
  • 200 ml air putih 
  • 1 sendok makan air jeruk lemon 
  • 1 sendok teh gula pasir 
  • 1 sendok teh kecap asin 
  • ¼ sendok teh merica halus 
  • ½ sendok teh garam halus 
  • ½ sendok makan tepung maizena yang di larutkan dengan 4 sendok makan air 
  • Minyak goreng untuk menggoreng
Cara Membuat Tuna Saus Asam 
  1. Bumbui fillet ikan tuna dengan merica dan garam. Aduk merata. 
  2. Taburi potongan fillet dengan tepung maizena hingga permukaannya terselimuti tepung. 
  3. Goreng ikan tuna tersebut hingga matang. Angkat dan tiriiskan. 
  4. Panaskan wajan yang berisi minyak untuk menumis, masukan bawang bombay dan bawang putih. Tumis hingga tercium bau harum dari bawang. 
  5. Masukan air, saus tomat, air jeruk lemon, gula pasir, kecap asin, dan juga potongan cabai meranhnya. Aduk kembali tumisan tersebut hingga merata. 
  6. Tuangkan larutan maizena, eortel, kacang polong, dan juga nanas matang nya. Masak sambil di aduk-aduk hingga semua bahan matang, serta kuah yang mengental.
  7. Angkat dan letakan ikan goreng di piring saji. Siram dengan saus pelengkap tersebut. 
  8. Hidangkan dengan pelengkap lain. 
Hasil masakan tuna saus asam pada resep di atas menghasilkan sajian 4 porsi. Pada setiap porsi yang di hidangkan mengandung kalori kurang lebih dari 401,2 kkal. Bunda masakan ini sangat baik untuk di konsumsi ibu hamil. Pada ikan tuna terdapat kandungan asam lemak omega 3 yang bermanfaat untuk perkembangan otak buah hati (janin). Dengan 100 gram ikan tuna mengandung baiknya 2,1 gram asam lemak omega 3. Lebih lengkapnya bunda dapat mencari tau akan kebaikan ikan tuna yang menyehatkan bagi kesehatan tubuh. Jika sudah mengetahui manfaat dari bahan-bahan masakan, pasti kepuasan dari rasa dan kebaikan yang di berikan dari bahan masakan membuat kita semangat untuk memasak dan mengkonsumsinya.

Nah bunda, tunggu apalagi, segera coba memasak masakan ikan tuna asam ini. Selain masakan ini menyehatkan, dapat di konsumsi juga oleh ibu hamil pada tingkat triwulan, kalo tidak salah. Kalo ragu akan ada nanas, bunda dapat menggantinya dengan buah lain yang dapat dijadikan pengganti dari bahan. Demikian itu lah uraian informasi masakan ikan tuna atau masakan ikan laut yang dapat saya informasikan. Berharap informasi yang di berikan bermanfaat dan menambah wawasan bunda dan pembaca infromasi lainnya pada blog ini. Terimakasih telah berkunjung dan membaca, jangan lupa juga untuk memastikan membaca informasi resep olahan masakan pada blog ini. Sekian & bay bay !