Resep Racikan Urap Sayuran Desa

Masak Urap Sayur - Urap bagi sebagian masyarakat Indonesia, yang kebanyakan dari desa atau daerah-daerah tertentu pasti sudah mengenal apa itu urap. Urap yang kadang di sebut jamak urap-urap  atau urapan adalah hidangan salad berupa sayuran yang di masak dengan cara di rebus dan dicampur kelapa parut dan beberapa bumbu sebagai penambah citarasa. Kalo dari desa saya bilangnya urap itu adalah salad desa atau kampung :D, yaa.. habisnya yang di makan kaya salad gak jauh beda jenisnya, cuman mungkin proses nya saja yang beda. Urap yang berbahan dasar sayur-sayuran segar ini memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh. Dari hasil penelitian pada 100 gram urap, urap mengandung energi 84 kilokalori, protein 2,76 gram, karbohidrat 12,06 gram, lemak 3,42 gram, kalsium 102 miligram, fosfor 140 miligram, zat besi 1,79 miligram dan juga kandungan vitamin A, Vitamin B1, serta Vitamin C. Kandungan nutrisi ini akan di dapatkan oleh bunda, jika jumlah yang di konsumsi 100% dari 100 gram urap. Hal ini di pengaruhi oeh jenis sayuran apa saja yang bunda gunakan sebagai bahan urap. Racikan urap pastinya gak semua orang sama, terkadang ada juga orang yang menyesuaikan bahan sayurnya sesuai dengan selera. Nah untuk informasi racikan urap ini, semoga saja belum bunda coba. Jadi coba kita simak sama-sama informasinya.

Urap Sayur
Racikan urap yang di gunakan adalah bahan seperti taoge, kacang panjang, wortel, parutan kelapa dan juga kol. Untuk kandungan nutrisi taoge sendiri kita sudah pernah membahasnya di informasi masakan tumisan tahu paprika yang bisa bunda lihat kembali. Dalam informasi masakan tersebut sudah di jelaskan besarnya manfaat dari kandungan nutrisi yang di miliki oleh taoge. begitupun juga wortel, sebelumnya kita sudah bahas juga, lebih tepatnya sekarang kita bahas tentang bahan kacang panjang dan juga kol. Kacang panjang adalah sayur atau lalapan yang tumbunh dengan cara memanjat atau melilit (kalo dalam bahasa sundanya seperti tumbuhan areuy, melilit). Bunda pasti sudah tau bagaimana bentuk dari kacang panjang ini, jadi lebih singkatnya kita bahas saja kandungan nutrisi yang terkandung di dalamnya. Kandungan nutrisi yang terdapat pada kacang panjang ini adalah thiamin, vitamin A, besi, fosfor, kalium, vitamin C, folat, magnesium, mangan dan juga kandungan yang menjadi sumber protein yang baik bagi tubuh kita. Sedangkan untuk ko atau kubis bulat yang merupakan sayuran dari keluarga brassicaceae atau cruciferae adalah tanaman sayuran kepala padat berdaun. Bunda juga pasti sudah mengenal bagaimana dari kol atau kubis ini. Pada kubis atau kol, merupakan sayuran yang memiliki nilai gizi yang baik seperti memiliki sifat penyembuhan. Selain dari itu juga, kubis dikenal sebagai sumber vitamin, mineral, dan juga serat
makanan penting. Dengan sumber yang kaya akan vitamin C,K,E, A dan asam folat tentu saja kubis ini sangat penting, ditambanh dengan kubis yang memiliki tingkat signifikan dari belerang, kalsium, zat besi, kalium, dan juga magnesium. Sisi lain yang luar biasa dari kubis adalah, kubis tidak mengandung kolesterol dan lemak jenuh yang berbahaya, serta rendah kalori. Wah, kaga ada habisnya kalo ngejelasin manfaat yang luar biasa dari bahan makanan ini, jadi mending sekarang to the poin ke resep bahan dan langkah pembuatanya saja " urap sayur". Simak bunda informasinya di bawah ini;

Resep Urap Sayuran 
Sediakan Bahan : 
  • 250 gram kol yang sudah di iris 
  • 100 gram kacang panjang yang sudah di potong 
  • 60 gram wortel yang sudah di potong-potong 
  • 100 gram taoge 
  • 100 gram kelapa setengah tua yang sudah di parut 
  • 4 sihung bawang putih yang di cincang 
  • 5 butir bawang merah yang di iris halus 
  • 1 buah tomat yang di haluskan 
  • 2 cm lengkuas yang di memarkan 
  • 1 sendok makan gula merah yang di iris halus
Bahan Dihaluskan : 
  • 3 buah cabai merah 
  • 1 cm kencur 
  • 1 cm kunyit 
  • 1 sendok teh ketumbar 
  • 1 sendok teh terasi 
  • ½ garam 
Cara Membuat Masakan Urap Sayuran 
  1. Rebus kol, kacang panjang, dan wortel. Setelah matang, angkat. 
  2. Seduh taoge dengan air panas, sisihkan. 
  3. Campur kelapa parut dengan bumbu halus, bawang putih, bawang merah, tomat, lengkuas, dan gula merah. Aduk rata dan kukus sampai matang. Angkat. 
  4. Campur semua sayuran dengan campuran bumbu kelapa, aduk rata. 
  5. Tuangkan urap ke atas pinggan saji. Urap sayuran siap di hidangkan. 
Pada Resep di atas bisa bunda coba, dan hasilnya dapat di sajikan 4 porsi. Dalam 1 porsi hidangan tersebut mengandung kalori kurang lebih sekitar 271,6 kkal. Tentunnya karena sayuran seperti wortel, kol, taoge, dan kacang panjang sangat di anjurkan untuk ibu hamil karena mengandung vitamin dan mineral. Cukup mudahkan bunda proses pembuatannya?!. Urap sayuran salah satu masakan yang mudah di buat. Urap sayuran ini menyehatkan untuk bunda yang sedang mengandung (Ibu hamil). Jadi tunggu apa lagi bunda, rascik segera resep masakan urap sayur ini untuk di konsumsi bersama keluarga terkasih bunda.

Semoga sukses bunda membuat urap sayurnya, harapan saya semoga infromasi yang diberikan bermanfaat dan menambah wawasan kita semua. Akhir kata, demikianlah uraian informasi yang dapat saya infromasikan kepada bunda dan pembaca lainnya. Mohon maaf jika terdapat kesalahan kata atau kalimat yang terdapat pada uraian di atas. Terimakasih telah menyempatkan membaca dan menyimak informasi resep masakan urap sayur ini. Semoga, selain dari infromasi urap sayur ini, infosmasi lainnya juga dapat membantu bunda dalam menyipakan hidangan makan untuk keluarga. Saya pamit, dan sampai jumpa kembali !