Resep Masakan Horenso Masak Tauco

Horenso
Menu Horenso Masak Tauco - Menu masakan sehat kali ini akan membahas tentang Horenso yang di masak dengan Tauco. " Bunda, kalo tauco bunda pasti sudah sering mendengar dan mengenal jenis bahan makanan ini, namun bagaimana dengan horenso ?? ". Tauco sendiri adalah bahan makanan yang biasa dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia yang terbuat dari biji kedelai yang telah di rebus, dihaluskan dan di aduk dengan tepung terigu kemudian dibiarkan sampai tumbuh jamur (fermentasi). Ketika melewati proses jadi, bahan makanan ini merupakan bahan yang kuat di simpan lama tanpa basi, sampai dapat memakan waktu bertahun-tahun. Tentu saja hal tersebut kalau di simpan dengan benar, tanpa terkena aor mentah, ataupun terkontaminasi dengan bahan organik lainnya. Di Indonesia sendiri hasil dari beberapa produsen tradisional tauco mengatakan " hasil rendaman, air rendamannya itulah diolah menjadi kecap sedangkan biji kedelainya menjadi tauco". Sedangkan untuk bahan horenso atau horinso dari bahasa jepang adalah sayuran yang dimakan daunnya dari genus spinacia. Di Indonesia sendiri ini dikenal dengan bayam jepang, walaupun sebenarnya berbeda dengan bayam yang di kenal, selain itu rasanya pu berbeda. Kemungkinan dari ilmu gizi menyatakan kedua jenis bahan masakan ini sama-sama kaya akan besi dan spinach bukanlah sayuran yang populer di Indonesia.

Masakan Horenco Masak Tauco
Pada 100 gram tauco mengandung energi sebesar 166 kilokalori, protein 10,4 gram, karbohidrat 24,1 gram, lemak 4,9 gram, kalsium 55 miligram, fosfor 365 miligram, dan zat besi 1 miligram. Selain itu di dalam Tauco juga terkandung vitamin A sebanyak 23 IU, vitamin B1 0,05 miligram dan vitamin C 0 miligram.Sedangkan Komposisi kimia utama per 100 gram bayam jepang (horenso) , air 91,58 g, energi 22 kkal, protein 2,86 g, lemak 0,35 g, karbohidrat 3,5 g, serat 2,7 g. Untuk Zat gizi yang terkandung adalah vitamin dan mineral. Vitamin yang banyak terkandung dalam horenso ini adalah vitamin K, A, C, B1, B2, B6, asam folat, dan vitamin E. Secangkir bayam rebus merupakan sumber mineral mangan, magnesium, besi, kalsium, kalium, tembaga, fosfor, dan
seng. Jika di bahas, sungguh banyak kebaikan yang di berikan bayam jepang ini untuk kesehatan tubuh.
 
Resep Horenso Masak Tauco

Sediakan Bahan :  
  • 250 gram horenso (bayam jepang) yang telah di potong-potong 
  • 60 gram jamur tiram yang telah di potong-potong 
  • 100 gram tahu yang telah di potong-potong 
  • 3 sendok makan minyak goreng untuk menumis 
  • 50 gram bawang Bombay yang telah di cincang halus 
  • 4 butir bawang merah yang telah di iris halus 
  • 2 sihung bawang putih yang di cincang kasar 
  • 2 buah cabai merah yang di potong korek api 
  • 2 sendok makan tauco ½ sendok teh gula pasir 
  • 3 sendok makan saus tiram 
  • 1 sendok makan saus tomat 
  • ½ sendok merica halus 
  • ½ sendok teh garam halus 
Cara Memasak Horenso Masak Tauco 
  1. Panaskan minyak untuk menumis. 
  2. Masukan bawang bombay, bawang merah, bawang putih, dan juga cabai merah. Tumis bahan hingga harum. 
  3. Masukan potongan tahu, jamur tiram. Aduk-aduk hingga merata. Barulah masukan horenso. Aduk merata lagi. 
  4. Bubuhkan tauco, gula pasir, saus tiram, saus tomat, merica, dan garam. Aduk-aduk hingga semua bahan matang. 
  5. Angkat dan tuangkan ke atas pinggan saji. Hidang kan masakan horenso masak tauco ini dengan pelangkap masakan lainnya. 
Hasil untuk resep masakan atau hidanga horenso masak tauco ini 4 porsi, dengan kandungan gizi pada 100 gram bayam jepang ini mengandung kalsium 166 mg, fosfor 76 mg, zat besi 3,5 gram, dan juga vitamin C 41 mg. Horenso tau bayam jepang ini termasuk sayuran yang kaya akan kalsium dan zat besi, selain itu pada setiap porsi hidangan masakan horenso masak tauco ini mengandung kalori kurang lebih sebsear 188,5 kkal. 

Memasak tumisan atau osengan memang selalu mudah dan tak merepotkan, hanya menyiapkan bahan dengan benar dan tahapan langkah memasakan dengan benar. Tidak merepotkan dan tidak memakan bayak waktu. Selalin ini menu masakan ini sangat sehat untuk di konsumsi oleh bunda dan keluarga. Menu masakan sehat ini juga dapat di jadikan menu makanan untuk Ibu hamil. Seperti yang sudah di jelaskan sedikitnya informasi mengenai kandungan gizi yang terdapat pada tauco dan horenso. Selain itu belum lagi kandungan gizi bahan lainnya. Jadi tunggu apalagi, segera buat masakan horenso masak tauco ini, selain dari rasa yang lezat, kandungan gizi masakan ini menyehatkan untuk tubuh.