Resep Olahan Gurami Gulung Isi Sayuran Segar

Gurami Gulung Isi - Gurami atau Ikan Gurami adalah sejenis ikan air tawar yang dapat dengan mudahnya kita temui di berbagai tempat, seperti pasar, pusat belanja, dan juga penjual ikan rumahan. Di negara kita sendiri indonesia, ikan gurami ini merupakan salah satu bahan masakan yang banyak di gemari. Bagaimana tidak, selain dari lezat dengan berbagai macam jenis hidangan atau masakan, ikan gurami ini juga memiliki kandungan protein yang cukup tinggi. Menurut penelitian yang telah meneliti gurami ini, dikatakan bahwa gurami memiliki kandungan protein 19% lebih tinggi di bandingkan dengan ikan lele, nila, mas, dan ikan lainnya. Bukan hanya itu saja, di iformasikan juga bahwa, mengkonsumsi ikan gurami lebih besar jika di bandingkan dengan daging. Ikan gurami juga mengandung lemak yang rendah loh, di bandingkan dengan daging, hanya sekitar 2,2% untuk ikan gurami dibandingkan dengan daging yang 10%. Bagaimana bunda, ternyata ikan gurami ini memang memiliki manfaat yang besar juga untuk kebaikan kesehatan tubuh. Kalo begitu, simak lebih lanjut lagi tentang masakan ikan gurami ini.

Gurami Gulung Isi Sayur
Gambar di atas hanya ilustrasi, anggap aja gurami gulung, tak jauh beda ko bun. :D Selain dari itu, jenis olahan ikan ini sangat gampang untuk di buat, jadi tak perlu khawatir akan merepotkan buat bunda. Bunda dapat memasak hidangan ini untuk si bekal makan si kecil, atau juga di konsumsi bersama keluarga saat bersama, tentu saja lezat di konsumsi dengan saus pedas. Kalo saya pribadi lebih suka di santap ketika hangat-hangat dan garing di santap dengan tambahan saus pedas. Ugh.. yummy bunda, coba saja bunda buat sendiri di rumah, bahan resep dan cara pengolahan,
saya lampirkan di bawah ini;

Resep Gurami Gulung Isi Sayuran 
Sediakan Bahan : 
  • 300 gram fillet gurami cincang 
  • 2 butir telur ayam 
  • 50 gram wortel yang di potong dadu 
  • 60 gram kacang polong 
  • 1 butir telur ayam yang di kocok 
  • 2 sendok makan minyak goreng untuk menumis 
  • 3 sendok makan bawang bombay yang di cincang 
  • 3 sihung bawang putih yang di haluskan 
  • Minyak goreng untuk menggoreng 
  • ¼ sendok teh merica halus 
  • ½ sendok teh garam halus 
  • ¼ sendok teh merica halus 
  • ¼ sendok teh pala halus 
  • ¼ sendok teh garam halus 
Cara Membuat Masakan Gurami Gulung Isi Sayuran 
  1. Cara Pembuatan Kulit : Campur telur dengan merica dan garam, aduk merata. Panaskan minyak dalam wajan datar anti lengket, tuangkan 1 sendok sayur adonan ke dalam wajan. Buat dadar tipis, ankat dan sisihkan. 
  2. Masak Lanjutan : Campur daging gurami cincang dengan kocokan telur, merica, pala, garam, bawang bombay, dan juga bawang putih. Aduk adonan hingga merata. 
  3. Masukan wortel dan juga kacang polong. Aduk rata kembali. 
  4. Siapkan satu buah telur dadar, masukan 4 sendok makan adonan ikan tadi, ratakan dan gulung. Padatkan!
  5. Bungkus dengan aluminium foil, kukus selama 7 menit. Angkat, buka pembungkusnya. Sisihkan. 
  6. Selanjutnya Goreng hingga berwarna kuning kecoklatan. Angkat dan dinginkan. 
  7. Potong-potong gurami gulung nya kemudian atur dalam piring sajian. Lengkapi dengan pelengkap lainnya. Hidangkan. 
Untuk hasil dari resep di atas adalah sebanyak 4 porsi, dan setiap porsi yang di hasilkan memiliki kandungan kalori kurang lebih sebesar 415,6 kkal. Seperti yang telah saya informasikan di atas, pada ikan gurami kaya akan protein dan merupakan ikan tawar yang memiliki harga yang cukup terjangkau. Selain itu juga protein yang terkandung di dalam ikan gurami ini mudah untuk di cerna oleh tubuh, sehingga baik di konsumsi oleh ibu hamil. Kandungan dalam 100 gram ikan gurami memiliki protein 12,7 gram, lemak 10,1 gram dan juga karbohidrat sebesar 12,7 gram. Jadi tak usah ragu-ragu bunda, langsung saja cari bahan dan masak dengan langkah yang sudah di lampirkan di atas.

Akhir kata bunda, demikian itulah informasi seputar olahan gurami gulung isi sayur yang dapat saya informasikan. Harapan saya, semoga informasi yang diberikan bermanfaat dan membantu bunda dalam menemukan menu baru untuk di sajikan pada keluarga terkasih bunda. Mohon di maafkan jika terdapat kesalahan kata atau kalimat yang terlampir dalam informasi ini. Kritik dan saran saya terima guna meningkatkan kualitas blog Aneka Resep Masakan Bunda ini. Jangan lupa juga untuk membaca informasi masakan lainnya. Terimakasih dan Baybay.