Resep Sayur Asem Khas Jakarta

Sayur Asem - merupakan masakan tradisional dari indonesia yang memiliki banyak variasi seperti, sayur asam kangkung, sayur asam ikan asin, sayur asam jakarta ( sayur asem betawi), dan masih banyak lagi variasi lainnya dari berbagai daerah. Sayur asem ini memiliki rasa yang khas, cukup unik, bergizi dari berbagai macam bahan dasar yang alami dan sehat. Bahan-bahan yang umumnya di gunakan untuk membuat sayur asem ini adalah, kacang tanah, labu siam, kacang panjang, asam jawa, jagung muda, belimbing sayur dan melinjo. Anda pasti sudah tau, sayur asam ini memiliki dasar rasa dari asam untuk menyatukan rasa dari semua bahan sehingga menjadi masakan asam yang lezat. Rasa asam tersebut dari asam jawa yang memiliki nama ilmiah tamarindus indica dan memiliki banyak nama lain seperti asem, acem, asam jawa, tamalagi, au moli, dll. 

Jika di lihat dari bahan -bahan yang di gunakan untuk membuat sayur asam ini atau komponen bahan utama seperti asam jawa, kacang tanah, kacang panjang, labu siam, nangka muda, melinjo, jagung manis sangat bermanfaat bagi kesehatan. Misalnya saja manfaat dari asam jawa dapat mengobati radang tenggorokan, menambah stamina, mengobati darah rendah. Kacang panjang dapat mengendalikan kadar gula darah, melancarkan pencernaan, mencegah stroke. Labu siam mencegah hipertensi, menurunkan kandungan kolesterol, mengurangi resiko terkena penyakit jantung. Kacang tanah dengan kandungan protein yang tinggi, melancarkan pencernaan, kandungan atau sumber karbohidrat yang cukup baik, rendah kolesterol. Nangka muda dengan sumber energi, mencegah anemia, meningkatkan metabolisme tubuh dan meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh. Terakhir bahan jagung manis, menjadi sumber karbohidrat, energi, kalori, serta meningkatkan metabolisme tubuh. Itulah sedikit gambaran manfaat yang diberikan dari bahan-bahan untuk membuat sayur asam.

Sayur Asem Jakarta
Kandungan nutrisi atau gizi pada sayur asem pada 100 gr dan di konsumsi 100% menurut penelitian terdapat energi sebesar 29 kilokalori, protein 0,7 gram, karbohidrat 5 gram, lemak 0,6 gram, kalsium 40 miligram, fosfor 61 miligram, dan zat besi 3,1 miligram. Kandungan vitamin pada sayur asem vitamin A sebanyak 47 IU, vitamin B1 0,1 miligram dan vitamin C 0,3 miligram. Hal ini salah satu gambaran nutrisi dari sayur asem, tidak untuk di samakan pada resep yang akan kita buat. Namun sedikit lebihnya kita tahu bahwa terdapat kandungan energi, protein, karbohidrat, lemak, kalsium, serta kandungan vitamin lainnya dari sayur asem ini. Setelah kita mengetahui berbagai informasi mengenai apa itu sayur asem, serta manfaatnya bagi kesehatan tubuh, siap-siap untuk mulai memasak sayur asem jakarta.

Resep Sayur Asem Jakarta / Resep Sayur Asam Betawi

Alat yang di siapkan : Cobek, Panci Besar
Teknik : Ulek, Rebus

Bahan - Bahan Sayur Asem Jakarta :
  • 2 Buah Jagung Muda ; belah lalu potong melintang seruas jari
  • 1 Juring Nangka Muda ; potong melintang seruas jari
  • 2 Buah Terung Sayur ; belah empat memanjang
  • 1 Ikat Kecil Kacang Panjang ; potong sepanjang 2 ruas jari
  • 1 Ikat Daun Melinjo ; buang batangnya
  • 1 Genggam Kacang Tanah
  • 5 Mata Asam Muda ; cuci bersih
  • 2 Lembar Daun Salam ; cuci bersih
  • 1/2 Blok Gula Jawa ; iris-iris
  • 10 Gelas Air atau Kaldu Daging
Bumbu Sayur Asam Jakarta (ulek halus) :
  • 5 Siung Bawang Merah ; potong kasar
  • 3 Siung Bawang Putih ; potong kasar
  • 9 Buah Cabai Merah Keriting ; potong kasar
  • 3 Buah Cabai Merah Besar ; potong kasar
  • 4 Butir Kemiri
  • 2 Sendok Makan Garam
Cara Memasak Sayur Asam Jakarta :
  1. Jerang air atau kaldu daging hingga mendidih.
  2. Masukan sayuran dari yang paling keras seperti jagung muda dan nangka muda. Tumpangi asam muda.
  3. Setelah asam muda melunak, keluarkan. Buang kulit dan serat buahnya, remas sarinya.
  4. Jika jagung muda sudah melunak, masukan kacang tanah.  Masukan juga bumbu dasar merah (ulekan) serta daun salam. Beri sari asam muda.
  5. Masukan terung sayur dan kacang panjang. Masukan garam, masukan gula jawa, dan aduk merata. Cicipi masakan, jika kurang bumbu garam atau asam tambahkan hingga terasa pas.
  6. Masukan daun melinjo dan masak hingga agak melayu. Matikan api jika sudah matang.
  7. Sayur Asem Jakarta siap di sajikan atau di hidangkan dengan pelengkap sajian lainnya.
Cukup mudah untuk membuat sayur asem ini, dari proses mengumpulkan bahan, hingga proses memasak pasti Anda yang sedang belajar memasak pun dapat membuat atau memasak sayur asem jakarta ini. Demikian itulah informasi mengenai resep sayur asem jakarta yang dapat saya informasi-kan. Mohon maaf jika terdapat kesalahan kata atau penulisan pada lampiran informasi. Terimakasih telah membaca dan berkunjung di blog kami. Semoga informasi yang diberikan dapat bermanfaat dan membantu Anda dalam memasak. Sampai jumpa dan semoga berhasil.