Aneka Resep Es Krim Mudah Di Buat

Es Krim - adalah salah satu makanan beku yang di buat dari beberapa campuran bahan seperti produk susu,  krim, dengan beberapa perasa, pemanis dan beberapa bahan pelengkap lainnya. Campuran bahan tersebut di olah dengan beberapa cara dan proses agar tidak membentuk kristal es, sehingga es krim menjadi lembut. Di negara kita Indonesia sendiri makanan dingin es krim ini sudah memiliki banyak varian rasa dan bentuk yang unik. Secara umum, komposisi bahan-bahan pembuat es krim adalah: 10 -16% lemak susu (milkfat), 12-16% pemanis, 0,2-0,5% pen-stabil dan emulsifier, 9-12% padatan susu bukan lemak (milk solids-non-fat, MSNF),  dan 55-64% air. Sedangkan berdasarkan komposisi, es krim di bagi menjadi 4 kategori, kategori tersebut antara lain (Person, 1980) :
  1. Ekonomi, memiliki kadar lemak sangat sedikit, yaitu kurang dari 10%, dengan harga yang sangat murah.
  2. Standar, memiliki kadar lemak sebesar 10% dan memiliki 11 % kadar lemak solid non lemak (susu es krim) dan memiliki harga yang murah.
  3. Premium, memiliki kadar lemak sebesar 15% dan 10% kadar lemak solid non lemak (susu es krim) dengan harga lebih mahal dari es krim kategori standar dan lebih murah dari es krim kategori super premium.
  4. Super premium, merupakan es krim dengan kadar lemak tertinggi sebesar 17% dan harganya paling mahal diantara dua kategori lainnya serta memiliki kadar lemak solid non lemak (susu es krim) paling rendah yaitu sebesar 9,25%. 
Jika di lihat dari bahan-bahan yang di gunakan, tentu saja es krim ini memiliki beberapa manfaat dan khasiat bagi kesehatan tubuh. Dari bahan susu, kaya akan kalsium, kaya akan vitamin, mengandung protein, dan masih banyak lagi. Seperti yang kita ketahui, kandungan susu sendiri yang kaya akan kalsium dan nutrisi dapat memperkuat tulang serta membantu menaikkan energi pada tubuh. Untuk kandungan vitamin-nya seperti vitamin A, vitamin D, vitamin K, dan vitamin B12. Dari masing-masing vitamin tersebut memiliki manfaat seperti  vitamin A baik untuk kesehatan mata, vitamin K meningkatkan aliran darah dalam tubuh dan membuka sel darah yang tersumbat, vitamin D menyerap kalsium dan nutrisi dari makanan dan menyimpannya di ginjal, serta vitamin B12 meningkatkan memori dan sistem saraf. Kandungan protein juga di butuhkan tubuh untuk membangun dan memperbaiki jaringan otot. 

Sementara secara umum sedikitnya sudah saya bahas di atas tentang pengertian es krim, kandungan es krim dan beberapa manfaatnya untuk kesehatan tubuh, kita lanjutkan pada pembahasan bagaimana cara membuat es krim yang enak, dan mudah di buat. Jadi Anda sedikitnya dapat membuat sendiri es krim ini di rumah, tanpa harus membelinya di luar rumah. Selain itu jika Anda sendiri yang membuatnya, sudah di pastikan keamanan dan kebersihan dari bahan yang Anda pakai sendiri untuk adonan membuat es krim. Lanjut, simak saja informasi Aneka Resep Es Krim Mudah Di Buat berikut ini ;

1. Cara Membuat Es Krim Pisang Stroberi

es krim pisang stroberi
Es krim pisang pasti sudah tidak aneh lagi bagi Anda, namun bagaimana dengan es krim pisang stroberi ?, ada 2 bahan buah di sini, pastinya bikin penasaran akan rasanya. Tapi jika Anda belum mencobanya, Anda tidak akan tau akan rasa enak nya es krim yang satu ini. 
Bahan yang harus di sediakan adalah :
  • 2 buah stroberi yang sudah di cuci bersih dan potong-potong
  • 2 sendok makan gula pasir
  • 1 sendok makan jus jeruk lemon
  • 2 buah pisang yang matang, kupas dan di potong-potong di dingin-kan
  • 1/2 cangkir yogurt plain
  • 1/2 sendok teh ekstrak vanilla
Pelengkap : Cetakan es krim batang (bila tidak memiliki penutup berupa tusuk kan plastik, sediakan stik es krim yang terbuat dari kayu).

Langkah-langkah membuat es krim pisang stroberi :
  1. Siapkan freezer untuk membuat es krim.
  2. Blender buah stroberi dengan 1 sendok makan gula dan jus lemon. Blender hingga halus dan kental. Bila terlalu kental kasar, bisa ditambahkan sedikit air. 
  3. Tuang hasil blenderan ke dalam cetakan es krim batang, hingga ter isi setengah bagian, beku kan segera. (blender daya kuat)
  4. Blender buah pisang beku, yogurt dan 1 sendok makan gula. Blender hingga halus kental.
  5. Tuang hasil blenderan buah pisang ini ke dalam cetakan es krim batang yang sudah berisi adonan stroberi tadi, beri tusuk kan kayu atau tutup dengan tutup cetakan es krim batang. Beku kan kembali hingga menjadi keras.
Catatan : Bila hendak disajikan, rendam es krim batang dalam cetakan itu, ke dalam air hangat hingga 3 menit. Setelah itu, es krim batang akan mudah dikeluarkan dari cetakan.

2. Cara Membuat Es Loli Rasa Coklat 

es loli rasa coklat
Es Loli - merupakan salah satu es yang populer di kalangan masyarakat. Pastinya Anda sudah sering mendengar tentang es loli ini terutama dari anak-anak. Es loli ini memang sangat nikmat di nikmati di saat suasana terik matahari sedang panas-panasnya membuat kita gerah dan berkeringat. Namun ketika Anda sedang di rumah dan merasa malas untuk keluar rumah untuk mencari es loli ini, cobalah untuk membuatnya sendiri di rumah. Bahan-bahan dan caranya akan saya informasi kan berikut ini ;

Bahan - Bahan Untuk Membuat Es Loli Rasa Coklat :
  • Susu kental manis, susu almond, susu kambing atau susu lain yang sesuai dengan selera Anda.
  • Cocoa
  • Gula pasir
  • Vanila
  • Coklat chip atau meses
Langkah-langkah membuat es loli coklat :
  1.  Campur kan bahan susu dengan air, aduk dalam sebuah wadah hingga tercampur rata. Air ini bisa saja Anda ganti dengan susu kental, susu skim, atau susu segar jika Anda ingin hasil dari es loli dengan rasa coklat yang kental.
  2. Tuangkan cocoa, vanila dan gula pasir, aduk kurang lebih selam 10 menit sampai bahan tercampur merata.
  3. Masak adonan tersebut dengan api yang kecil sampai semua bahan tercampur mengental.
  4. Masukan adonan tersebut ke dalam wadah cetakan, masukan juga stik atau pegangan untuk es loli Anda.
  5. Masukan coklat chip atau meses secukupnya.
  6. Setelah semua wadah ter isi masukan adonan ke dalam freezer selama kurang lebih 4 jam atau hingga beku.
  7. Keluarkan es loli, celupkan ke dalam lelehan coklat masak. Coklat masak cair biasanya akan mengeras setelah terkena suhu es loli yang beku.
Bahan bisa Anda ubah sesuai dengan selera Anda dan keluarga. misalnya seperti bahan di atas, air dengan susu kental, meses dengan potongan kacang almond dan begitu pula dengan bahan tambahan nya. Biasanya jika Anda sudah mencoba membuatnya 1 kali dan berhasil, Anda pasti dapat mengubah bahan dengan baik tanpa masalah.

3.  Cara Membuat Es Krim Oreo

es krim oreo
Biskuit Oreo - Siapa yang tak mengenal biskuit yang satu ini, biskuit oreo merupakan nama produk sejenis biskuit yang terkenal dengan salah salah satu caranya untuk di makan atau nikmati. Selain cara yang unik di berikan, rasa yang di berikan memang sangat enak, lezat sehingga dari mulai anak-anak hingga dewasa sangat suka dengan salah satu produk biskuit yang satu ini. Memang tak dapat di pungkiri oreo ini menjadi salah satu menu yang selalu ada pada daftar menu minuman atau es krim. Jika Anda merupakan salah satu yang menyukai minuman atau es krim yang di satukan dengan oreo, berikut adalah informasi bagaimana cara membuat es krim oreo yang mudah di buat.

Bahan - Bahan Membuat Es Krim Oreo atau Resep Membuat Es Krim Oreo :
  • 3 keping oreo,untuk di blender 
  • 150 susu segar
  • 3 sendok makan susu kental manis
  • 1 gelas es batu yang telah di hancurkan
  • 4 keping oreo,di pecah kasar untuk di campur kan ke dalam setelah es krim yang siap di gunakan
Langkah-Langkah Membuat Es Krim Oreo :
  1. Semua bahan kecuali potongan oreo, di campur kan semuanya. 
  2. Blender semua bahan tersebut hingga halus.
  3. Masukan ke dalam box dan pecahan oreo tadi.
  4. Masukan ke freezer, biarkan membeku. 
Setelah membeku dari dari bahan-bahan tadi Anda dapat mem-blendernya kembali untuk di jadikan minuman jus dengan beberapa potongan buat, atau di nikmati langsung di serut dengan beberapa topping pelengkap.

4. Cara Membuat Es Krim Mochi Yang Enak

es krim mochi
Kue Mochi - adalah kue jepang yang terbuat dari beras ketan, bertekstur lembut dan lengket, bentuknya sendiri bulat. Jika di jepang kue ini sering di makan saat perayaan tradisional, di negara kita sendiri di Indonesia, sudah banyak sekali kue mochi yang di jual di toko-toko kue. Seiring perkembangan jaman, bukan hanya rasa saja yang berubah, mix dari makanan pun sudah semakin berkembang, salah satunya Es Krim Mochi yang akan kita bahas sekarang resep dan cara membuatnya.

Bahan - Bahan Membuat Es Krim Mochi atau Resep Membuat Es Krim Mochi :
  • 100 gram tepung beras ketan
  • 200 gram gula castor
  • 200 ml air hangat
  • 1 sendok teh vanilli bubuk 
  • 1 sendok makan perisa (sesuai selera) 
  • 200 gram ice cream (sesuai selera) 
  • 100 gram tepung jagung
Langkah-Langkah Membuat Es Krim Mochi :
  1. Campur bahan tepung beras, gula castor, air hangat, vanili dan perisa, semua bahan tersebut di aduk hingga rata.
  2. Setelah semua bahan tercampur rata, kukus adonan tepung ketan selama kurang lebih 20 menit. Aduk sesekali.
  3. Setelah jam waktu dan adonan siap, angkat dan diamkan sampai dingin.
  4. Tuang tepung jagung pada wadah dan tangan agar tidak lengket.
  5. Masukan adonan mochi pada tepung jagung dan ratakan.
  6. Ambil beberapa bagian mochi, kemudian bentuk bulat.
  7. Masukan es krim ke dalam mochi dan bungkus kembali.
  8. Masukan mochi es krim ke dalam freezer selama kurang lebih 15 menit. Es krim mochi pun siap di konsumsi.
Es krim mochi ini dapat di buat dengan varian rasa, Anda hanya perlu memberi sedikit bahan perasa pada adonan pembuat mochi, serta membuat isi-an es krim berbagai rasa di sesuaikan dengan rasa mochi nya.

Informasi di atas merupakan aneka resep es krim yang dapat Anda buat dengan mudah, Tidak memakan waktu yang lama dan bahan yang mudah di dapatkan. Banyak sekali manfaat ketika Anda sendiri yang membuat, misalnya dengan rasa yang sesuai dengan selera, kualitas kebersihan Anda dapat menjamin sendiri, karena Anda sendiri yang membuat. Kandungan nutrisi dapat anda sesuaikan dengan bahannya misalnya pemilihan bahan buah untuk topping, perasa atau pemanis. Adapun beberapa tips jika Anda hendak membeli bahan-bahan yang sehat, adalah dengan memperhatikan kebersihan tempat yang menjual bahan, tempat penyimpanan bahan, kandungan resep juga harus di perhatikan, misalnya apakah dalam resep bahan tersebut mengandung pengawet yang berbahaya, terakhir perhatikan tanggal kadaluarsanya. Hal tersebut tentu saja harus di perhatikan untuk kesehatan rubuh. 

Demikian informasi aneka resep es krim mudah di buat yang dapat saya sampaikan, semoga informasi yang di berikan dapat bermanfaat dan membantu Anda dalam membuat es krim. Mohon maaf jika terdapat kesalahan kata atau penulisan di dalam informasi ini. Jangan lupa juga baca informasi lainnya, dan nantikan kembali resep es krim yang tak kalah menarik untuk di bahas. Sampai jumpa, salam sejahtera.