Buah-Buahan yang Aman Dikonsumsi Oleh Pengidap Diabetes

Buah-Buahan Untuk Pengidap Diabetes - Tahukah Anda bahwasannya banyak jenis buah yang mengandung serat, vitamin dan mineral yang dapat membantu para pengidap diabetes. Jenis buah dengan vitamin mineral serta serat ini dapat membantu mengatur kadar gula darah, sekaligus mengurangi resiko kelanjutan terkena diabetes type dua. Jenis buah yang mengandung serat dapat meningkatkan rasa kenyang, mengekang nafsu makan yang tidak sehat, menghindari makan berlebih. Dalam hal kasus penderita diabetes, pemelihaan berat badan yang sehat dapat meningkatkan sensitivitas insulin penderita dan juga pengelolaan diabetes. Oleh karena itu jangan khawatir, bahwa rumor yang mengatakan buah tidak aman bila dikonsumsi pengidap diabetes adalah salah adanya. 

Buah-Buahan yang Aman Dikonsumsi Oleh Pengidap Diabetes

Buah-Buahan yang Aman Dikonsumsi Oleh Pengidap Diabetes

Rasa manis pada buah-buahan  yang mengandung unsur glukosa berasal dari gula alami yang mempunyai indeks glikemik yang rendah. Indek Glikemik adalah angka yang menunjukan potensi gula darah dari karbohidrat yang tersedia pada pangan. Buah-buahan ini biasanya dapat dijadikan layak konsumsi untuk diet sehat para pengidap diabetes. Dilihat dari kuantitasnya buah merupakan sumber karbohidrat yang lebih baik ketimbang sayuran. Selain dari itu buah memiliki kandungan rendah lemak serta sodium yang baik untuk kesehatan tubuh ( terkecuali Buah Alpukat yang memiliki kandungan lemak yang tinggi).  Berikut ini adalah beberapa buah yang layak dikonsumsi oleh pengidap diabetes;
  1. Aprikot merupakan buah yang mengandung banyak vitamin A, sehingga dapat memberi lebih dari 50% kebutuhan vitamin A  harian Anda. Buah ini cukup dikenal sebagai salah satu buah diabetes terbaik yang dapat dikonsumsi oleh penderita diabetes.
  2. Apel merupakan buah yang memiliki kandungan rendah kalori serta sumber dari vitamin C. Kandungan serat dan antioksidan, baik untuk kesehatan penderita diabetes. Penderita diabetes dapat mengkonsumsinya langsung dengan kulit apelnya, sebab kulit apel sendiri dipenuhi dengan antioksidan.
  3. Pir merupakan salah satu pilihan untuk diet buah pada penderita diabetes. Hal ini dikarenakan buah pir rendah akan karbohidran yang memiliki kadar serat yang tinggi bersama dengan kalium.
  4. Jeruk merupakan sumber vitamin C yang cukup untuk memenuhi kebutuhan harian akan vitamin C. Saking kaya akan kandungan Vitamin C, penderita diabetes dapat mengkonsumsi satu buah jeruk per harinya. Asam folat dan kalium yang terkandung dalam buah jeruk ini dapat membantu menormalkan tekanan darah. Oleh karena itu buah ini juga merupakan pilihan pas bagi penderita diabetes karena rendah karbohidrat dan kalori.
  5. Berry merupakan buah yang dapat menjadi makanan super untuk diabetes. Termasuk dalam pilihan buah yang layak dikonsumsi penderita diabetes karena buah berry ini dikemas dengan antioksidan, vitamin dan serat, serta memiliki nilai Glikemik Indeks (GI) yang rendah.
Deretan beberapa informasi buah diatas, merupakan buah yang dapat di konsumsi oleh penderita diabetes. Jadi untuk Anda yang ingin mengkonsumsi buah namun memiliki penyakit diabet, tak perlu khawatir untuk dapat mengkonsumsi jenis buah yang terlampir di atas. Namun ingat, konsumsilah buah secara alami, jangan menambahkan susu atau pemanis lainnya seperti gula. Cukuplah saja dengan mengkonsumsi buah tanpa menambahkan pemanis lain, hal ini baik untuk kesehatan penderita diabetes. 

Demikianlah informasi mengenai buah-buahan yang aman dikonsumsi oleh pengidap penyakit diabetes yang dapat saya informasikan. Mohon maaf bila terdapat kesalahan kata atau kalimat yang terlampir. Semoga informasi yang di berikan dapat bermanfaat dan membantu memenuhi kebutuhan informasi yang Anda butuhkan. Terimakasih dan sampai jumpa di informasi selanjutnya. ✌ 😋