Membuat Masakan Bakso Ayam Nusantara

Bahan Bakso Ayam
Membuat Masakan Bakso Ayam Nusantara - Bakso merupakan bola daging yang di buat dari beberapa bahan seperti campuran tepung tapioka dan daging segar yang telah di giling. Tahukah bunda, bahwa bakso merupakan makanan khas tionghoa, "bakso" asal mula kata dari bahasa Hokkien yang berarti daging babi giling. Seperti itu lah kiranya, namun "bakso" yang akan kita buat, bukan berasal dari daging babi ya bunda. Bunda dapat menggunakan daging halal seperti ayam, sapi, ikan dan bahan masakan halal lainya. Nah, untuk informasi kali ini adalah masakan bakso dengan bahan masakan ayam (bakso ayam). Jadi bunda jangan kemana-mana, pastikan untuk membaca informasi ini hingga selesai, dan jangan lupa untuk mengaplikasikannya (mempraktikan) masakan bakso ayam ini. Pasti sangat menyenangkan jika kita membuat masakan mulai dari bahan awal hingga jadi. Selain dari itu kita mengetahui bakso yang nanti kita konsumsi higenis, karena pembuatannya di lakukan sendiri. Tapi bukan berarti beli bakso jadi di luar tidak higenis ya bunda, ini hanya karena pembuatannya kita sendiri sudah memastikan.

Bakso Ayam Nusantara
Bakso yang kita buat dapat di jadikan bahan masakan lain juga, misalnya seperti membuat capcay baso, mi baso, mie ayam baso, baso goreng dan masakan lainnya. Jadi bunda, tak ada salahnya kita mencoba membuat baso sendiri, selain itu maka
nan bakso ini kuat di simpan dalam lemari es untuk beberapa hari alias tidak mudah basi. Bunda, silahkan simak informasi resep dan cara membuat baso nya di bawah ini ;

Resep Bakso Ayam
 
Sediakan Bahan :
  • 250 gram dari daging ayam segar yang sudah di giling
  • 6 gram dari garam
  • 140 gram es batu yang telah di hancurkan
  • 60 gram dari sagu
  • 10 sihung bawang putih yang telah di goreng
  • ½ sendok teh lada bubuk
  • ¼ sendok teh soda kue, dapat di campur dengan 1 sendok makan air putih
  • ½ sendok the dari pengenyal bakso
  • Penyedap rasa secukupnya, di sesuaikan dengan selera bunda dan keluarga
Langkah-Langkah Cara Membuat Bakso Ayam :
  1. Haluskan bawang putih goreng .
  2. Campurkan daging ayam giling halus dengan garam, soda kue yang telah di campur dengan air, kemudian bumbu merica, penyedap rasa serta bawang goreng halus.
  3. Haluskan Campuran tersebut dengan mesin giling.
  4. Sementara itu, bunda bisa menyiapkan air panas 3 liter dalam keadaan suhu 60-80 derajat Celcius.
  5. Kemudian lanjutkan kembali dengan adonan basonya, masukan pengenyal bakso beserta sepertiga es batu dengan ayam giling.
  6. Giling kembali campuran adonan hingga mengerat. Setelah itu masukan sagunya beserta dengan sisa es batu.
  7. Giling kembali hingga merata dan menjadi adonan halus.
  8. Langkah selanjutnya, bagi beberapa adonan, kemudian bentuk adonan daging hingga berbentuk bulatan.
  9. Masukan bakso ke dalam air panas yang tadi sudah di siapkan. Selanjutnya lanjutkan di masak dengan api kecil.
  10. Rebus bakso tersebut kurang lebih memakan waktu 15-20 menit hingga mengapung sempurna.
  11. Angkat-angkat bakso yang sudah mengapung dan tiriskan.
  12. Bakso siap di sajikan dengan saus, kecap atau masakan lainnya
Bunda karena bakso terbuat dari daging, maka langkah yang baik untuk menyimpannya dalam keadaan di bekukan. Hal ini di lakukan guna menjaga temperatur dan terjaga kualitasnya sehingga tidak tercemar bakteri. Selain dari resep bakso di atas, terdapat banyak macam lagi variasi dari bakso ini, misalnya seperti bakso urat, bakso telur, bakso gepeng, bakso ikan, bakso udang, bakso malang, bakso karimunjawa, bakso solo atau bakwo wonogiri, bakso keju, bakso balungan dan masih banyak lagi jenis bakso lainnya. Hal tersebut bunda dapat mencoba membuatnya, kurang lebih pembuatannya hampir sama, cuma yang membedakan bahan dan teknik memasaknya, baik itu rebus, goreng atau bakar dan tumis. Silahkan bunda pilih sendiri, sesuaikan dengan kesukaan keluarga bunda juga.

Nah bunda, sekian uraian infromasi mengenai pembuatan bakso ayam yang dapat saya informasikan. Harapan saya, semoga informasi yang di berikan bermanfaat dan membantu bunda dalam menyajikan masakan untuk keluarga bunda. Teriamakasih telah berkunjung dan membaca infromasi yang telah saya sediakan. Mohon maaf jika terdapat kesalahan kata atau kalimat, kritik dan sarannya saya nantikan untuk menjadikan blog Aneka Resep Masakan Bunda ini lebih baik. Sampai jumpa.